Published On: Mon, Nov 16th, 2015

ID-SIRTII/CC Kembali Gelar National Internet Security Day

NISD

National Internet Security Day (NISD) adalah ajang tahunan yang rutin digelar oleh ID-SIRTII/CC. Ajang tersebut sengaja digelar untuk menumbuhkan kesadaran keamanan informasi sekaligus meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian ketika berselancar di dunia maya. Bertempat di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, (12/11/15), NISD dibuka dengan sambutan dari Ketua ID-SIRTII/CC, Rudi Lumanto yang disambung oleh Dirjen PPI Kemenkominfi, Prof. Kalamullah Ramli.

Dalam sambutannya tersebut, Rudi sempat menyitir bahwa keamanan informasi adalah suatu hal yang harus dimiliki oleh setiap orang di Indonesia. Hal itu tidak terlepas dari semakin terkoneksinya setiap orang setelah gaya hidup masyarakat yang gemar berinternet menggunakan smartphone. Rudi pun memaparkan inti acara NISD itu sendiri yang merupakan ajang tahunan ID-SIRTII/CC.

Senada dengan Rudi, Prof. Ramli pun menyatakan bahwa ajang ini adalah salah satu wadah untuk meningkatkan keamanan informasi di Indonesia. Menurutnya, menjaga keamanan informasi bukan hanya tugas pemerintah semata, melainkan juga tugas semua multi stakeholder yang ada di Indonesia.  Pada acara inipun, ID-SIRTII/CC memberikan penghargaan pada juara Cyber SEA Games yang dimenangkan oleh delegasi dari Filipina, Vietnam dan Thailand.

Di kesempatan yang sama, Ketua Bidang Kerja Sama ID-SIRTII/CC, Muhammad Salman mengutarakan bahwa untuk membangun sebuah ekosistem cyber yang baik, kerja sama antar pihak sangatlah dibutuhkan. “ID-SIRTII/CC bukanlah lembaga yang tahu segalanya. Justru komunitas sekarang lebih aktif dalam hal keamanan ekosistem cyber itu sendiri,” ungkap Salman.

“Persoalan keamanan cyber pada intinya adalah persoalan bersama. Oleh karena itu, ID-SIRTII/CC mengajak semua pihak untuk turut berkontribusi di dalamnya agar ekosistem cyber Indonesia lebih baik lagi ke depannya,” imbuh Salman.

ID-SIRTII/CC tidak hanya memberikan penghargaan pada jawara Cyber SEA Games saja. Lembaga tersebut menganugerahkan longtime achievement pada Prof. Eko Indrajit sebagai salah satu penggagas terbentuknya ID-SIRTII/CC. Eko menyatakan bahwa ia sangat mengapresiasi anugerah yang diberikan padanya. Ia mengungkapkan, “Saya ingat betul ketika ID-SIRTII/CC pertama kali terbentuk. Saat itu kita kesulitan dalam merekrut anggota dan mencari tempat untuk berkantor.”

Akan tetapi, Eko mengatakan bahwa kerja keras ia dan seluruh koleganya membuahkan hasil. Hal tersebut tercermin dari semakin dibutuhkannya lembaga itu sebagai salah satu badan yang bertanggung jawab menjaga keamanan Internet Indonesia. “Ke depannya saya berharap ID-SIRTII/CC dapat semakin maju,” tegas Eko.

Comments

comments

About the Author

Iqbal Ramadhan

- Have a strong passion in security and social studies, journalism and public speaking. Used to be a former student of UNPAD IR Studies. Married man and father of a son. Love his hometown, City of Flower.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>