Published On: Tue, Nov 10th, 2015

Mengedukasi Masyarakat Lewat Cyber Jawara

cyber jawara

Sebagai bagian dari upaya untuk mengedukasi masyarakat Indonesia yang sadar akan keamanan informasi, ID-SIRTII/CC kembali mengadakan kompetisi Cyber Jaware. Sebuah acara hacking competition yang dihadiri oleh peserta dari seluruh Indonesia. Ada sedikit keunikan dari Cyber Jawara tahun ini yaitu juara pertama dan kedua kompetisi ini akan mewakili Indonesia di ajang Cyber SEA Games esok hari, (11/11/15). Cyber Jawara sendiri adalah rangkaian acara National Security Day yang diadakan di Hotel Sari Pan Pacific hingga hari Kamis nanti.

Cyber Jawara kali ini dimenangkan oleh tiga tim yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Juara ketiga dimenangkan oleh CSI ORYZA dari IPB. Sedangkan juara kedua diraih oleh Fast Affine dari Universitas Indonesia (UI) dan pemenang utama diperoleh Bolsal Cyber Crew dari Gorontalo. Untuk juara kedua dan pertama akan mewakili delegasi Indonesia dalam ajang Cyber SEA Games. Ajang tersebut dihadiri oleh hacker kawakan dari seluruh negara anggota ASEAN.

Wakil Ketua ID-SIRTII/CC, Iwan Sumantri mengatakan bahwa ajang Cyber Jawara ini adalah salah satu upaya untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya keamanan informasi. “Kebanyakan orang masih menganggap keamanan informasi itu hanya masalah teknis semata. Bahasa yang digunakan kadang menggunakan istilah yang tidak mengerti orang awam. Padahal sebetulnya tidak seperti itu,” tutur Iwan. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa dengan berkembangnya smartphone dan Internet, masyarakat Indonesia harusnya sudah sadar terkait keamanan informasi.

“Hal paling sederhana adalah bagaimana menjaga keamanan data di gadget pribadi dengan password, dan kata sandi itu sendiri jangan di-share ke orang lain,” kata Iwan. Acara semacam ini menurutnya akan menjadi media untuk mencari generasi penerus bangsa yang bisa menjadi lini utama dalam menjaga keamanan informasi di Indonesia. “Para peserta di sini adalah agen perubahan yang mana kita harapkan mereka dapat memberikan ilmunya tentang keamanan informasi di daerah masing-masing,” tuturnya.

Iwan pun memberikan sedikit review bahwa ajang Cyber Jawara ini mengalami peningkatan yang signifikan dari kapabilitas para peserta. “Peserta yang mengikuti Cyber Jawara semakin meningkat kemampuannya dari tiap daerah yang kita undang,” kata Iwan. Ia sendiri optimis bahwa para peserta ini adalah generasi penerus yang dapat diandalkan di masa depan.

Comments

comments

About the Author

Iqbal Ramadhan

- Have a strong passion in security and social studies, journalism and public speaking. Used to be a former student of UNPAD IR Studies. Married man and father of a son. Love his hometown, City of Flower.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>