Published On: Tue, Dec 22nd, 2015

CEO Apple Tegaskan Komitmennya Terhadap Enkripsi

Apple

Di tengah kuatnya permintaan pemerintah AS agar perusahaan teknologi menyerahkan teknologi enkripsi, CEO Apple, Tim Cook secara tegas menyatakan bahwa perusahaannya tetap akan menggunakan teknologi tersebut. Privasi dan keamanan adalah satu alasan mengapa Cook sekali-kali tidak akan mengurangi atau menyerahkan teknologi enkripsinya pada pemerintah AS.

Ia sendiri mengatakan, “Privasi adalah hal yang paling penting. Banyak orang yang tidak ingin komunikasi intim dengan keluarganya disadap. Begitu juga ada orang yang menyimpan data perusahaan di perangkat pribadinya.” Karena alasan itulah, Cook tidak akan mengurangi ataupun menghilangkan teknologi enkripsi yang ada di perangkat Apple. Di satu sisi, Cook memahami juga bahwa niatan pemerintah AS itu tidak terlepas dari masalah keamanan negara.

Ia menegaskan siap bekerja sama dengan pemerintah AS untuk memberikan informasi spesifik selama ada surat perintah resmi. Cook tidak mendeskripsikan secara jelas informasi spesifik apa yang dimaksud. Terkait dengan usulan legislasi dari parlemen AS yang ingin menyimpan backdoor pada perangkat teknologi, CEO Apple tersebut menjelaskan bahwa backdoor diibaratkan seperti bumerang.

Backdoor itu memang bagus. Tetapi, menyimpan banyak hal negatif pula di dalamnya. Perangkat yang disimpan backdoor dapat diakses oleh pemerintah sekaligus cyber criminal,” kata Cook. Adapun teknologi enkripsi yang digunakan oleh perangkat Apple, Cook menambahkan bahwa teknologi itu disimpan di dalam masing-masing perangkat. “Teknologi enkripsi kami tidak disimpan di server khusus. Melainkan tersimpan di dalam perangkat tersebut,” imbuh Cook.

Dalam tuntutan hukum di pengadilan distrik New York, Apple bersikukuh tidak akan menyerahkan komunikasi terenkripsi para penggunanya. Berdasarkan keterangan perusahaan dalam persidangan itu, Apple bisa saja menyerahkan data terenkripsi pada perangkat iPhone 5s dengan standar operasi di bawah iOS 7. Tetapi, mereka tidak bisa memberikan data tersebut pada perangkat iPhone 5s dengan sistem operasi iOS 8.

Cook pun menambahkan bahwa ia menampik semua tuduhan bahwa Apple berinvestasi di Tiongkok karena alasan menghindari pajak. Alasan yang Cook kemukakan, “Perusahaan berinvestasi di Tiongkok karena tenaga kerjanya tersedia. Bukan karena alasan upah murah ataupun pajak.”

Comments

comments

About the Author

Iqbal Ramadhan

- Have a strong passion in security and social studies, journalism and public speaking. Used to be a former student of UNPAD IR Studies. Married man and father of a son. Love his hometown, City of Flower.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>