Published On: Mon, Dec 21st, 2015

Pengukuhan Relawan TIK dan Edukasi Security Awareness

security awareness

Sosialisasi ataupun program edukasi security awareness tidak hanya dilakukan di kota-kota besar ataupun korporasi raksasa. Program itu dilakukan juga di Kabupaten Karawang dengan menggandeng unsur pemerintah dan akademisi agar security awareness dapat tumbuh dan berkembang di kawasan industri tersebut. Melalui acara pengukuhan Relawan TIK Karawang, mereka yang secara sukarela menjadi relawan mempunyai misi untuk melakukan edukasi dan sosialisasi TI untuk kemajuan masyarakat sekaligus membangun kesadaran keamanan informasinya.

Acara pengukuhan sendiri dilaksanakan di Hotel Swiss-Belin, Karawang, (19/12/15) yang dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, ID-SIRTII/CC, instansi militer dan akademisi. Menurut Yudiana, Ketua Relawan TIK Karawang menjelaskan bahwa inisiatif pembentukan relawan tersebut tidak terlepas dari semakin berkembangnya wilayah itu menjadi kawasan industri dan penggunaan teknologi informasi yang semakin masif.

“Namun perkembangan itu belum sepenuhnya dimanfaatkan secara optimal,” kata Yudiana. “Peran serta antara masyarakat dan instansi yang memahami tentang TIK belum ada sinergi yang baik,” sambungnya. Di sela-sela acara pengukuhan, Yudiana menjelaskan bahwa untuk memasyarakatkan teknologi informasi itu tidak bisa berjalan masing-masing. “Semua pihak terkait harus duduk bersama, bersinergi dan merumuskan edukasi TIK yang efektif di masyarakat,” ujar pria yang berprofesi sebagai dosen itu.

Mengacu pada tema utama tentang security awareness, Yudiana menjelaskan bahwa isu ini sedang naik daun. “Saya yakin hampir semua masyarakat Indonesia pada umumnya dan Karawang khususnya sudah memiliki perangkat teknologi seperti smartphone,” ujar Yudiana. Ia melanjutkan, “Tetapi, masyarakat pada umumnya masih sekadar menggunakan. Belum mempunyai kesadaran keamanan informasi seperti bagaimana menjaga data-data pribadi kita di smartphone.”

Salah satu niatan Relawan TIK sendiri selain menyelaraskan sinergi antara masyarakat dan instansi terkait, Yudiana pun menuturkan bahwa mereka pun akan terus mengedukasi seluruh stakeholder untuk sadar tentang pentingnya keamanan informasi. “Aspek keamanan itu masih belum menjadi perhatian khusus,” ungkap Yudiana.

“Visi misi ke depan yang akan diusung oleh Relawan TIK khususnya untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2016 adalah membangun sumber daya manusia yang mampu bersaing dan mampu memanfaatkan TIK secara tepat,” lanjut Yudiana.

Comments

comments

About the Author

Iqbal Ramadhan

- Have a strong passion in security and social studies, journalism and public speaking. Used to be a former student of UNPAD IR Studies. Married man and father of a son. Love his hometown, City of Flower.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>