Published On: Mon, Dec 21st, 2015

Pentagon Akan Tingkatkan Serangan Cyber Terhadap ISIS

isis

Pentagon dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk meningkatkan lingkup serangan cyber mereka terhadap ISIS, dengan melakukan tindakan yang lebih agresif seperti men-disable komputer, server dan ponsel dari kelompok ekstremis tersebut yang diharapkan dapat mengurangi potensi serangan terosisme dari kelompok ISIS.

Para military hackers dan coders di Cyber CommandFort Meade, Md., Telah mengembangkan berbagai malware yang ditujukan untuk menyabotase kegiatan propaganda dan perekrutan anggota baru kelompok ISIS tersebut. Hal tersebut dikatakan seorang pejabat pemerintah yang tidak ingin disebutkan namanya.

Namun niatan untuk menutup jalur komunikasi para ekstremis tampaknya tidak akan berjalan mudah, dikarenakan tidakan tersebut akan bersingungan dengan kegiatan lembaga kemanan lainnya seperti FBI dan pejabat intelijen lainnya. Dimana mereka mengatakan dengan kegiatan ‘sapu bersih’ tersebut tentunya akan juga mempersulit mereka untuk memantau pergerakan, serta akses pada pimpinan gerakan yang berpusat di Suriah dan Irak tersebut.

Menurut informasi yang diterima, Menteri Pertahanan Ashton Carter akan melakukan pertemuan dengan cybercommanders pada pekan ini di Pentagon, guna melakukan dikusi terhadapa opsi yang diberikan, termasuk di dalamnya jamming serta virus yang mungkin akan digunakan pada jaringan komunikasi kelompok Muslim Sunni.

Gedung Putih telah diarahkan oleh pejabat senior Pentagon agar mempersiapkan opsi untuk cyberoffensive lanjutan, setelah terungkap bukti bahwa suami-istri yang melakukan penembakan terhadap 14 orang di San Bernardino, California, Pada 2 Desember lalu, ternyata telah terdoktrin dan berjanji setia terhadap aliran ISIS melalui jaringan internet di Facebook.

Comments

comments

About the Author

Sineda Rudiputra

- Journalism enthusiast, writer, videographer, and photographer. Loves to build a papercraft and have strong passion with football.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>