Published On: Wed, Jan 20th, 2016

Cyber Criminal Pengaruhi Masa Depan Industri Keamanan Informasi

hacker

Perkembangan teknologi yang cepat ternyata mendorong pula peningkatan aktivitas ilegal dunia maya yang dilakukan oleh cyber criminal. Berbincang dengan Stephen Dane, Managing Director Global Security Sales Organization Asia Pacific, Japan & Greater China, Cisco, menjelaskan bahwa kemajuan terbaru pada cybersecurity, pelaku kriminal yang semakin canggih tetap meningkat dalam beberapa tahun terakhir dan terus mengembangkan pendekatannya melalui malware dan pembajakan yang sangat dinamis.

“Menurut Cisco 2015 Annual Security Report, saat ini, malware menjadi semakin canggih dan semakin sulit dipahami. Para cybercriminal pun meluncurkan serangan melalui berbagai vektor serangan,” kata Stephen, “termasuk alat-alat yang dipercaya atau dianggap tak membahayakan.” Lebih lanjut Stephen menambahkan bahwa Serangan yang terarah pun semakin meningkat dengan menciptakan keberadaan terus menerus di dalam organisasi yang disasar agar bisa dengan mudah melaksanakan misinya.

Mengacu pada studi yang dilakukan oleh Cisco, 75 persen dari seluruh serangan yang terjadi hanya membutuhkan beberapa menit untuk memulai eksfiltrasi data atau transfer data tanpa otorisasi, sedangkan untuk pendeteksian diperlukan waktu lebih lama. Lebih dari 50 persen dari seluruh serangan berhasil bertahan tanpa terdeteksi selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sebelum mereka akhirnya ditemukan.

“Bahkan ketika ditemukan pun serangan tetap berlanjut selama beberapa minggu sebelum full containment atau penahanan penuh dan remediasi atau pemulihan tercapai,” terang Stephen. Pada skala nasional, Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII) melaporkan adanya serangan cybersecurity sebanyak 48.8 juta di Indonesia selama tahun 2014. Laporan tersebut juga mengungkap bahwa serangan malware merupakan hal yang paling umum dengan jumlah serangan mencapai lebih dari 12 juta insiden.

Peningkatan eskalasi serangan cyber itu turut memengaruhi pada masa depan industri keamanan informasi. “Perubahan memang tidak bisa dihindari dalam industri keamanan. Perlu dilakukan gelombang konsolidasi dan interaksi untuk mengembangkan teknologi keamanan yang inovatif, adaptif, dan terpercaya, sehingga dapat mengurangi waktu deteksi dan mengurangi dampak serangan,” papar Stephen.

Tidak hanya itu, ia pun mengatakan bahwa kebijakan dan tata kelola cybersecurity juga memiliki peran penting dalam mendukung inovasi dan pertumbuhan ekonomi bisnis pada tahap global. “Di Indonesia, kami telah melihat tumbuhnya kesadaran dan minat atas pentingnya cybersecurity baik dari pihak pemerintah maupun kalangan bisnis,” ungkapnya.

Comments

comments

About the Author

Iqbal Ramadhan

- Have a strong passion in security and social studies, journalism and public speaking. Used to be a former student of UNPAD IR Studies. Married man and father of a son. Love his hometown, City of Flower.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>