Published On: Fri, Jan 29th, 2016

Microsoft Stop Support Untuk Windows 7 dan 8.1

Microsoft

Kabar mengejutkan datang dari Microsoft yang sudah mendeklarasikan akan menghentikan support bagi pengguna OS Windows 7 dan 8.1. Alasan ini dikemukakan oleh Microsoft dalam blog-nya yang menyatakan ingin memfokuskan konsentrasi pada penggunaan Windows 10. Seperti yang sudah digadang-gadangkan oleh banyak pihak, Microsoft terkesan tidak main-main dengan keputusannya ini. Bagi perusahaan ataupun individu yang masih menggunakan OS versi lama, maka hal ini menjadi berita yang mengejutkan.

Dalam pemaparan yang disampaikan oleh Microsoft, salah satu alasan mengapa mereka ingin menghentikan support OS Windows 7 dan 8.1 adalah sistem operasi tersebut membutuhkan effort lebih besar untuk mengoptimalkan fitur Wifi (sic), grafik dan keamanannya. Menurut mereka, Windows 10 dinilai lebih ciamik dalam mengoptimalkan ketiga fitur itu. Kapabilitas yang dimiliki oleh Windows 7 dan 8.1 kurang mampu dibandingkan Windows 10.

Siapakah yang pertama kali “terganggu” dengan keputusan Microsoft ini? Organisasi dan perusahaan tentunya yang paling terganggu. Bagaimana tidak, sekitar 55 persen organisasi di dunia masih menggunakan Windows 7. Ini artinya adalah pengguna Windows 7 tidak akan mendapat support sebelum tahun 2020 dan Windows 8.1 pada tahun 2023. Keputusan Microsoft ini terbilang cukup cepat. Sehingga, mau tidak mau pengguna non-Windows 10 harus segera meng-upgrade sistem operasinya.

Menurut data yang diperoleh, sekitar 200 juta orang di dunia saat ini adalah pengguna Windows 10 dan Microsoft terus mendorong angka ini menjadi lebih baik. Penghentian support ini diperuntukkan bagi sistem operasi Windows 7 dan 8.1 yang masih menggunakan prosesor AMD, Intel dan Qualcomm. Menanggapi masih maraknya pengguna Windows 7, Microsoft masih terkesan “sabar”. Walaupun lambat laun, mereka akan segera mendorong penggunanya untuk segera memperbaharui sistem mereka.

Microsoft sendiri sudah mempunyai strategi khusus untuk menanggapi “keluhan”. Mereka memberikan layanan gratis bagi pengguna yang ingin meng-upgrade sistemnya ke Windows 10. Untuk sisi korporasi, Microsoft sudah mempunyai cara tersendiri. Pengguna OS Windows dari sisi korporasi akan diminta untuk segera memperbaharui sistem operasinya seperti yang tertulis dalam blog Microsoft.

Masih banyak pengguna yang penasaran, mengapa Microsoft menghentikan support untuk versi 8.1? Microsoft hanya mengklarifikasi bahwa mereka tetap mengedepankan pendekatan customer first. Untuk saat ini dan seterusnya, pengguna Windows 7 dan 8.1 harus khawatir karena support sudah dihentikan. Artinya, mereka kini lebih vulnerable dari sisi keamanan Internet.

Comments

comments

About the Author

Iqbal Ramadhan

- Have a strong passion in security and social studies, journalism and public speaking. Used to be a former student of UNPAD IR Studies. Married man and father of a son. Love his hometown, City of Flower.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>