Published On: Thu, Jan 21st, 2016

Vulnerability Di Smart Car: Hanya Chrysler Yang Rentan Diretas

hackers

Pemerintah AS melalui agensi pemerintahnya yaitu National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) mengatakan bahwa di antara jenis smart car, hanya merek Chrysler yang memiliki vulnerability terparah. Hasil investigasi menunjukkan bahwa jenis smart car seperti Audi dan Bentley memiliki sistem keamanan yang lebih dibandingkan Chrysler. Sebelumnya, dua praktisi keamanan informasi melakukan serangkaian ujicoba pada mobil pintar merek Jeep keluaran FIAT.

Setelah melakukan pengujian, praktisi tersebut ternyata mampu meretas jaringan dan sistem kemudi Jeep menggunakan celah vulnerability yang ada di sistem hiburannya. Mereka mengatakan bahwa dengan memanfaatkan jaringan nirkabel pada mobil pintar, penyerang dapat memanfaatkan vulnerability tersebut. Hal terparah adalah mereka dapat mengambil alih sistem kemudi, gas dan rem pada mobil.

Tidak ingin kecolongan, NHTSA langsung melakukan serangkaian ujicoba agar tidak membahayakan nyawa seseorang. Agensi tersebut bertanggung jawab terhadap setiap bentuk keselamatan di jalan raya baik dari sisi pengemudi maupun kendaraan yang digunakan. Mereka melakukan investigasi selama empat bulan dan hanya pabrikan Fiat-Chrysler Automobiles (FCA) yang memiliki vulnerability paling parah.

Audi Volkswagen dan Bentley menggunakan sistem jaringan UConnect serupa sama seperti yang digunakan oleh Chrysler. Jaringan tersebut dibuat oleh sebuah perusahaan bernama Harman dan digunakan di beberapa mobil pintar. Agensi NHTSA mengatakan bahwa walaupun Audi Volkswagen dan Bentley menggunakan sistem yang sama, mereka tidak menemukan adanya vulnerability seperti yang dimiliki oleh Chrysler. “Peranti lunak dan keras yang digunakan bervariasi walaupun sistemnya sama, sehingga tidak ditemukan adanya kerentanan,” kata NHTSA dalam laporannya.

Pihak Audi angkat bicara terkait temuan ini. Perusahaan pabrikan Jerman tersebut menjelaskan bahwa mereka menggunakan sistem modul jaringan yang terpisah sehingga antara sistem kemudi dan UConnect tidak menyatu. Adapun Bentley menggunakan beberapa varian peranti lunak dan keras yang berbeda. Terlebih, Bentley telah mengimplementasikan protokol sistem keamanan yang lebih kompleks dibandingkan Chrysler.

Beberapa bulan yang lalu, Chrysler sendiri telah menarik sekitar 1 juta unit kendaraannya untuk diperbaiki. Berikut beberapa jenis mobil merek Chrysler yang disinyalir memiliki vulnerability tersebut:

  • 2013-2015 Dodge Viper specialty vehicles.
  • 2013-2015 Ram 1500, 2500 dan 3500 jenis pickups
  • 2013-2015 Ram 3500, 4500, 5500 Chassis Cabs.
  • 2014-2015 Jeep Grand Cherokee dan Cherokee SUVs.
  • 2014-2015 Dodge Durango SUVs.
  • 2015 Chrysler 200, Chrysler 300 dan Dodge Charger jenis sedan.
  • 2015 Dodge Challenger tipe sports coupes

Comments

comments

About the Author

Iqbal Ramadhan

- Have a strong passion in security and social studies, journalism and public speaking. Used to be a former student of UNPAD IR Studies. Married man and father of a son. Love his hometown, City of Flower.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>